Nama: Muhammad Reza Palepia

NPM : 39411040

Kelas : 4ID03

 

1. Apa sebenarnya kepakaran dari seorang sarjana teknik industri?

Jawab:

Berdasarkan sumber yang telah dialami dan masih dalam mengejar gelar sarja teknik industri, dari seorang sarjana teknik industri memiliki ilmu dan pengetahuan sehingga menjadi kepakaran atau keahlian dalam dunia perindustrian yang dimiliki dalam pendidikan perkuliahan atau pendidikan yang diluar perkuliah dalam contoh khursus, seminar dan kerja praktek.

Kepakaran merupakan keahlian khusus yang dimiliki oleh seseorang dalam hal ini sarjana teknik industri, di mana keahlian khusus disini memiliki karakteristik yang berbeda dengan disiplin ilmu yang lain. Teknik industri merupakan gabungan dari ilmu matematika, fisika, pengetahuan teknik dan aktivitas bisnis seperti sistem pemasaran, keuangan, pengembangan sumber daya manusia dan lain-lain, yang fundamental dengan prinsip-prinsip dan metode-metode dari desain dan analisis keteknikan. Keahlian khusus yang dimiliki oleh seorang sarjana teknik industri terbagi menjadi tiga bagian yaitu :

Manajemen Industri

Bidang keahlian Manajemen Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insani dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Manajemen Industri antara lain adalah Manajemen KeuanganManajemen KualitasManajemen InovasiManajemen Sumber Daya ManusiaManajemen PemasaranManajemen Keputusan dan Ekonomi Teknik.

– Sistem Manufaktur 

Sistem Manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas,produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesinmaterial, energi, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Sistem Manufaktur ini antara lain adalah Sistem ProduksiPerencanaan dan Pengendalian ProduksiPemodelan Sistem,Perancangan Tata Letak Pabrik, dan Ergonomi.

Sistem Industri

Bidang keahlian Sistem Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerjabahan bakuenergiinformasi,teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah. Bidang keilmuan yang dipelajari di dalam Sistem Industri dan Tekno Ekonomi antara lain adalah Statistika IndustriSistem LogistikLogika PemrogramanOperational Research, dan Sistem Basis Data

Kesimpulan seorang sarjana teknik industri mampu memiliki prospek kerja di bidang yang sangat luas antara lain bidang produksi atau operasi dan penjaminan mutu, bidang teknologi informasi, bidang pemasaran atau manajemen bisnis, bidang industri manufaktur, bidang konsultasi manajemen, bidang manajemen sumber daya manusia, dan bidang pendidikan (dosen atau peneliti)

2. Tuliskan karakter karakter yang tidak beretika menurut kalian dalam kehidupan seharihari ! (5 contoh dan analisis)

Jawab:

Contoh dan analisis karakter yang tidak beretika yaitu:

– Perkata kotor dan berbahasa yang buruk pada saat berbicara.

Karakter ini biasanya sering sekali dilakukan oleh semua orang, karakter ini biasanya dilakukan pada saat seseorang itu sedang emosi dan berinteraksi kepada sesama pergaulan yang belikungkungan yang buruk sehinga perkataan kotor itu sudah menjadi hal yang biasa. Karakter ini umumnya karna pergaulan yang buruk dan lingkungan setempat.

– Berbohong atau penipu.

Karakter ini yang bisa menghancurkan diri sendiri sehingga akan dijauhi semua orang yang terdekat kalian. Karakter ini sangat luas terutama pada karakter ini biasanya dilakukan berdasarkan keterdesakan sehingga berkata berbohong, dilakukan ingin mendapatkan sensasi untuk menaikan pamor sehingga berbohong dan dilakukan pada saat menginginkan sesuatu hal yang diinginkan sehingga ia berkata bohong.

– Ingkar janji.

Karakter ini biasa sering juga dilakukan pada seseorang kendala mengapa karakter ingkar janji sering dilakukan berdasarkan waktu, lokasi dan sikap seseorang tersebut apa bila sikap seseorang itu menghargai orang yang dijanjikan.

– Mencuri milik orang lain.

Kerakter mencuri ini berdasarkan adanya membeli kesempatan pada korbanya, semua orang yang mencuri mempunyai alasan masing, ada yang mencuri karena tidak punya uang, ada yang mencuri karena kebiasaan, ada yang mencuri karena terdesak, ada yang mencuri karena tuntutan ekonomi,kehidupan, dll.

Egois atau ingin dimengerti tidak memikirkan orang lain.

Karakter ini memiliki kepribadian yang tidak peduli dengan kepentingan orang lain, yang ada dipikirkan hanyalah kepentingannya sendiri. Karakter ini tidak di sadari sering kali merasa bahwa yang terpenting terbebas dari masalah,  tidak peduli bagaimana orang lain akan mengalami kesulitan dan kerugian karena sikap keegoisan.

3. tuliskan aktifitas tidak beretika profesional dalam bekerja! (5 contoh dan analisis)

Jawab:

Contok dan Analisis aktifitas tidak beretika profesional dalam bekerja yaitu:

– Tidak tepat waktu disaat datang ke kantor.

Aktifitas ini sering kali terjadi pada para pekerja terutama pada jarak lokasi berkerja yang sangat jauh atau terjadi kendala pada trasportasi. Alasan ini sering didengar agar tidak mendapat teguran. Aktifitas ini sehatusnya hanya cukup sekali di alami jika berulang kali bahwa pekerja atau karyawan tidak sungguh gungguh bekerja, kenapa dibilang seperti itu jika saja pekerja atau karyawan sungguh sunggu atau niat bekerja sehaarusnya datang lebih pagi dari sebelumnya.

– Tidak pernah mengucapkan menjawab salam disaat datang maupun pulang.

Pekerja atau karyawan lebih disenangi apa bila pekerja itu rama terutamanya mengucapkan salam kepada pekerja lainnya yang dilihatnya atau disekitarnya. Dampak dari tidak mengucapkan salam, pekerja atau karyawan tidak pernah penah dianggap ada dilokasi tersebut karna mereka tidak tau kehadiraannya.

– Menyebut nama saat membangil kepada atasan maupun senior.

Didalam dunia kerja sering sekali menemukan pembicaraan yang tidak baik antar pekerja atau karyawan lainnya, uang membicarakan sisi butuk teritama pada aktifitas ini. Seseorang yang memangil atasan atau senior bahwalat tidak beretika tidak baik dalam dunia bekerja karna tidak mencerminlan profesionalisme dalam bekerja.

– Berteriak diruangan pada saat memangil rekan kantor yang berjauhan.

Lokasi meja kerja membuat pekerja atau karyawan sering sekali membuat jalan mondar mandir untuk menghapirinya. Maka sering sekali pekerja atau karyawan berteriak untuk memangilnya. Dampak dari aktifitas ini mengangu pekerja lainya yang ada dilokasikan bersamaan.

– Jarang masuk kerja

Rutinitas pekerja salah satunya mesuk ke kantor, aktifitas tersebut adalah pundi pundi dari mencari nafka seseorang untuk menghidupi dirinya atau keluarganya. Apabila pekerja jarang masuk dikarnakan tidak memiliki sebab atau kendala bahwa pekerja itu tidak profesional dalam bekerja salah satunya dampak tersebut akan merugikan perusahaan mungkin pekerja tersebut dikeluarkan dalam perusahaan.